HUBUNGAN KARAKTERISTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG BEDAH RSUD H.PADJONGA DAENG NGALLE KABUPATEN TAKALAR

HUBUNGAN KARAKTERISTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG BEDAH RSUD H.PADJONGA DAENG NGALLE KABUPATEN TAKALAR

Penulis

  • S.Kep., M.M Ns. Ambo Anto
  • Zulaekha Syam

Kata Kunci:

Karekteristi Perawat, Kepuasan Pasien

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan karateristik individu dengan kepuasan kerja perawat di ruang bedah RSUD H.Padjonga dg Ngalle Kabupaten Takalar. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 20 pasien dan Sampel dalam penelitian ini adalah 20 pasien dengan tehnik pengambilan sampel total sampling. Hasil penelitian didapatkan bahwa karateristik perawat yang kurang dengan kepuasan pasien yang kurang sebanyak 9 (45%), karateristik perawat yang kurang dengan kepuasan pasien yang baik sebanyak 0 (0%), dan karateristik perawat yang baik dengan kepuasan pasien yang kurang sebanyak 3 (15%),karateristik perawat yang baik dengan kepuasan pasien yang baik sebanyak 8 (40%).  Jadi total dari semua karateristik perawat yang kurang sebanyak 9 (45%), yang baik sebanyak 11 (55%) dan kepuasan pasien yang kurang sebanyak 12 (60%), yang baik sebanyak 11 (55%). Karena nilai.Sig.  0,001< 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, artinya ada Hubungan karateristik perawat dengan kepuasan pasien di ruang  bedah  RSUD H.Padjonga Daeng Ngalle Kabupaten Takalar. Oleh karena itu, perlunya perawat dalam meningkatkan kinerja perawat sehingga lebih baik dalam menentukan kualitas peyananan kepada pasien.

Unduhan

Diterbitkan

26-07-2020
Loading...