PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan Keperawatan, Kepuasan Pasien, Rawat InapAbstrak
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD Labuang Baji Makassar. Desain penelitian yang digunakan adalah Analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study. Hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan lembar kuisoner, dengan jumlah sampel sebanyak 31 responden. Pengambilan sampel dengan teknik aksidental sampling. Dari hasil analisis bivariat dengan menggunakan Uji chi-square ada pengaruh dimana, kualitas pelayanan keperawatan diperoleh nilai (p=0.000<nilai α=0,05), kepuasan pasien diperoleh nilai (p=0.000<nilai α=0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD Labuang Baji Makassar. Saran bagi rumah sakit yaitu hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dan informasi bagi pengelola rumah sakit yaitu hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dan informasi bagi pengelola rumah sakit untuk meningkatkan fasilitas dan pelayanan keperawatannya
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 S.Kep., M.M Ns. Ambo Anto, Tince Tiau
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.