PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI RSUD SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI RSUD SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA

Penulis

  • S.Kep., M.M Ns. Robertus Msyhuri,
  • Jomima Kadun

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Keperawatan, Kepuasan Pasien, BPJS

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien BPJS di RSUD Syekh Yusuf Kabuparten Gowa. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik dengan pendekatan  Cross Sectional Study. Dimana hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan lembar kuisoner dengan jumlah sampel sebanyak 35 responden. Pengambilan sampel dengan Purposive Sampling. Hasil analisis bivariat menunjukan  ada pengaruh kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien BPJS Hasil uji statistik Chi Square dengan menggunakan Fisher Exact Test di peroleh nilai ρ (0,000) < nilai α (0,05), berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Disarankan kepada pihak manajemen rumah sakit Lebih meningkatkan kualitas pelayanan di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa sehingga kualitas pelayanan yang diterapkan oleh rumah sakit dapat memberikan dampak positif,bermanfaat kepada pasien dan memberikan kepuasan sehingga ada kepercayaan  pasien untuk dapat  berkunjung dan menikmati fasilitas pelayanan terkhususnya pasien BPJS di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa.

Diterbitkan

05-11-2022
Loading...