PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI RSUD SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Keperawatan, Kepuasan Pasien, BPJSAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien BPJS di RSUD Syekh Yusuf Kabuparten Gowa. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study. Dimana hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan lembar kuisoner dengan jumlah sampel sebanyak 35 responden. Pengambilan sampel dengan Purposive Sampling. Hasil analisis bivariat menunjukan ada pengaruh kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien BPJS Hasil uji statistik Chi Square dengan menggunakan Fisher Exact Test di peroleh nilai ρ (0,000) < nilai α (0,05), berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Disarankan kepada pihak manajemen rumah sakit Lebih meningkatkan kualitas pelayanan di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa sehingga kualitas pelayanan yang diterapkan oleh rumah sakit dapat memberikan dampak positif,bermanfaat kepada pasien dan memberikan kepuasan sehingga ada kepercayaan pasien untuk dapat berkunjung dan menikmati fasilitas pelayanan terkhususnya pasien BPJS di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 S.Kep., M.M Ns. Robertus Msyhuri,, Jomima Kadun
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.